Kamis, 15 November 2012

MAKALAH PEMPROGRAMAN TEKNOLOGI INFORMASI SOFTWARE APLIKASI


BAB I
PENDAHULUAN
 


            Sejak dahulu kala, proses pengelolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengelolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
            Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa. Diantara adalah sestem komputer yang di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
            Sehingga ditemukan software dengan berbagai jenis dan fungsi untuk dapat dipergunakan oleh manusia untuk melakukan kebutuhan masing-masing.


BAB II
PEMBAHASAN

1.      PENGERTIAN SOFTWARE APLIKASI
            Software adalah komponen data dalam processing system yang berupa program-program dan teknih-teknik lain untuk mengontrol system ataupun perangkat lunak.
            Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
            Fungsi software antara lain :
·         Mengindentifikasi progam
·         Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruhnya peralatan komputer terkontrol.
·         Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
DEFENISI DAN KARAKTERISTIK SOFTWARE
Perangkat keras komputer tidak akan dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak, teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah diberikan kepadanya, intruksi-intruksi tersebut dinamakan dengan perangkat lunak (software). Intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungtsinya dari perangkat keras komputer.
Jadi berdasarkan bagian-bagiannya software komputer dapar dibagi menjadi :
1.    Sistem Operasi / operating system
2.    Aplikasi / aplikasi progaram
3.    Bahasa Pemprograman / leanguage program
4.    Utilitas / utility

1.    Sistem Operasi
          Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan perkembangannya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami system operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

          Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
          Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-sofwtare itu lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

anda bisa melihan lebih lengkapnya dengan mendownloadnya disini...

Pemprograman Tekhnologi Informasi : DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar